totosudarmongi — Museum ini berada di jalan Hsanuddin No.48 Sungguminasa, Somba Opu, Kabupaten Gowa, yang berbatasan langsung dengan Kota makassar. Museum Balla Lompoa merupakan rekonstruksi dari istana kerajaan Gowa yang didirikan oleh pemerintahan Raja Gowa ke-31 tepatnya pada tahun 1936 masehi, dan direstorasi pada tahun 1978-1980 masehi.

Ada apa aja di dalam musem? Museum ini berisi benda-benda kebesaran peninggalan sejarah kerajaan Gowa, sperti mahkota kerajaan, berbagai manuskrip, pakaian adat, senjata sakti, dan berbagai koleksi alat-alat yang menjadi perlengkapan upacara adat kerajaan. Sedangkan arsitektur bangunan ini, berbentuk rumah khas orang Bugis yaitu rumah panggung, yang terbuat dari kayu ulin atau besi.

Museum ini dibangun diatas tanah seluas satu hektar yang dibatasi oleh tembok yang menjulang tinggi. Bangunan ini terdiri dari dua bagian, ruang utama seluas 60×4.5 meter, didalamnya terdapat kamar pribadi raja, tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, bilik kerajaan, dengan luas masing-masing 6×5 meter, dan ruang penerima tamu seluas 40 x 4.5 meter. Bangunan ini banyak sekali jendelanya karena merupakan ciri khas dari rumah bugis, ukuran masing-masing jendela sekitar 0.5×0.5 meter.

Disamping bangunan utama sekarang dibangun utama museum telah dibangun rumah adat Tamalate, yang bertujuan untuk mendirikan kembali bentuk istana Tamalate yang pernah dibangun pada masa kejayaan kerajaan gowa pada abad ke XV dan untuk melestarikan budaya bangsa melalui pembangunan yang kontekstual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *